Contoh Surat Resign Kerja yang Baik Halaman all - Kompas.com




Contoh Referensi Resign Kerja yang Baik Halaman all





KOMPAS.com - Referensi resign atau surat pengunduran diri digunakan karyawan untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja.


Pengertian mengundurkan diri di sini, merupakan dari jabatan atau tugas yang sedang dijabat di perusahaan tempatnya bekerja.


Surat resign dilakukan adalah bentuk resmi bagi seorang karyawan berhenti dari pekerjaannya.



Penggunaan surat resign dilakukan bertujuan agar dapat melakukan pengunduran diri dengan baik dan sopan.


Sehingga, seseorang dapat meniggalkan perusahaan tempatnya bekerja dengan kesan baik dan profesional.


Lantas, bagaimana contoh surat resign kerja yang baik?



Baca juga: Cara Membuat Referensi Resign Kerja


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dikutip dari Gramedia, lewat surat resign kerja, karyawan dapat memaparkan alasan kenapa dirinya ingin mengundurkan diri dari perusahaan.


Selain itu, surat resign dilakukan juga digunakan sebagai salah satu syarat administrasi oleh perusahaan bila pegawai ingin mengundurkan diri.


Namun untuk melakukan resign, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda yang harus ditaati karyawannya.


Apabila pegawai sudah yakin dengan keputusannya untuk melakukan pengunduran diri, maka menmemperoleh segera membuat surat resign kerja.


Berikuti fomat surat resign dilakukan yang benar:



  • Nama, kota dan tanggal

  • Nama lengkap perusahaan dan alamat perusahaan

  • Salam pembuka

  • Alasan mengapa pegawai ingin mengundurkan diri dari pekerjaan yang dijabatnya

  • Mencantumkan kejelasan tanggal kapan akan tidak aktif bekerja atau mengundurkan diri

  • Memberikan ucapan maaf dan terima kasih kepada pihak perusahaan

  • Beri salam penutup dan Standar tangan.


Sebelum mengajukan surat resign kerja, karyawan disarankan buat berkonsultasi tersebih dahulu kepada pihak perusahaan terkait alasan pengunduran dirinya.



Baca juga: Model Surat Resign dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Berikut dua contoh surat resign kerja yang dapat dijadikan acuan bagai para pekerja yang hendak sedang pengunduran diri:


1. Surat resign kerja resmi


Jakarta, 8 Juli 2022


Kepada Yth,
[Jabatan atasan]
[Alamat perusahaan]


Dengan Hormat,



  • Nama:

  • Departemen:

  • Jabatan:

  • No Induk Karyawan:


Saya yang yaitu salah seorang karyawan [nama perusahaan], ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan Herbi alasan [alasan mengajukan resign].


Adapun surat ini dibuat berdasarkan Herbi ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama JumAwang-awang karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan Herbi undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial [nama perusahaan] tanpa ada tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Herbi sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.


Hormat Saya,



[Nama informasi dan tanda tangan]




Baca juga: Model Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar Dilirik HRD


2. Surat resign kerja yang baik dan sopan


Jakarta, 8 Juli 2022


Kepada
Yth. Pimpinan
[Nama perusahaan]
[Alamat perusahaan]


Yang bertanda tangan di bawah ini:



  • Nama:

  • Alamat:

  • Jabatan:

  • Nomor ID:


Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan buat mengundurkan diri dari jabatan [posisi pekerjaan] di perusahaan [nama perusahaan]. Terhitung pada tanggal [tanggal terakhir bekerja] bersama dengan karena kontrak yang sudah berakhir.


Dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan [nama perusahaan] selama [lama waktu bekerja]. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan dilakukan karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.


Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena menetapkan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan [nama perusahaan]. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya sedang dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di [nama perusahaan].


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Herbi sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.


Hormat saya,




[Nama informasi dan tanda tangan]




Baca juga: 8 Model Surat Lamaran Kerja yang Dilirik HRD, Begini Cara Buatnya


3. Surat resign kerja sederhana


Jakarta, 8 Juli 2022


Kepada Yth,
[Jabatan atasan]
[Alamat perusahaan]


Dengan Hormat,


Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama [nama karyawan] bermaksud buat mengajukan permohonan pengunduran diri dari [nama perusahaan] yang mana saya memiliki PreKata depan sebagai [posisi pekerjaan].


Saya melakukan permohonan ini karena [alasan resign]. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang sudah diberikan kepada saya selama [lama waktu bekerja]. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak sedang kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Herbi sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga [nama perusahaan] akan semakin berkembang dan maju.


Hormat Saya,



[Nama informasi dan tanda tangan]




Baca juga: Model Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


4. Referensi resign kerja di pabrik atau PT


Jakarta, 8 Juli 2022


Yth.
[Jabatan atasan]
[Alamat perusahaan]


Dengan Hormat,


Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja sama Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:



  • Nama:

  • NIK:

  • Departemen:

  • Jabatan:


Bermaksud bagi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari [nama perusahaa] sebagai [posisi pekerjaan]. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal [tanggal mengajukan resign]. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah [alasan pengunduran diri].


Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman dikerjakan yang selama ini di [nama perusahaan]. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan [nama perusahaan] yang disengaja atau tidak.


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Berhubungan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf.


Hormat saya,



[Nama terang dan Baku tangan]




Baca juga: 9 Contoh Surat keterangan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD


5. Surat resign Kerja pindah domisili


Jakarta, 8 Juli 2022


Yth.
[Jabatan atasan]
[Alamat perusahaan]


Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:


Melalui surat ini ini saya menyatakan bagi melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku [posisi pekerjaan] di [nama perusahaan] terhitung mulai tanggal [tanggal mengajukan resign]. Surat pengunduran diri ini saya buat karena adanya urusan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat domisili saya yang baru.


Saya ucapkan terima kasih kepada ada pihak [nama perusahaan] yang telah mengizinkan saya bagi dapat belajar dan berkontribusi dalam berjalannya perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan jaya selama berjalannya waktu. Ilmu yang saya peroleh di perusahaan ini akan sangat berguna bagi pengalaman saya di dunia [bidang pekerjaan].


Saya ucapkan pula permohonan maaf kepada rekan dikerjakan dan juga jajaran pimpinan [nama perusahaan] bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan.


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Berhubungan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.


Hormat saya,



[Nama keterangan dan tanda tangan]






Source: www.kompas.com

Search This Blog

close