5 Contoh Surat Pernyataan serta Format Menulis yang Baik dan Benar








VIVA Edukasi – Contohsurat pernyataan mungkin masih banyak dibutuhkan bagi mereka yang belum begitu mengetahuinya. Surat pernyataan sendiri merupakan surat yang berisi sebuah pernyataan atas kesanggupan, kesediaan, kesepakatan dan lainnya yang berkaitan dengan suatu hal-hal tertentu. Biasanya surat pernyataan dibuat secara tertulis untuk menyatakan bentuk penegasan bahwa seseorang sudah atau belum pernah melakukan sesuatu.


Perlu kamu ketahui juga bahwa surat pernyataan itu sifatnya resmi karena memiliki Fundamental hukum yang kuat. Umumnya, surat pernyataan juga ditulis di atas materai. Misalnya digunakan untuk kepentingan melamar pekerjaan, hal yang berkaitan Herbi profesi, menikah dan yang lainnya.


Untuk cara membuatnya Otodidak juga terbilang sederhana asalkan kamu mengetahui susunan dan format surat pernyataan yang baik dan benar. Sementara, bagi surat pernyataan terkait proses jual beli tanah atau properti, kamu harus memahami sertifikat dan surat perjanjian agar properti kamu tapi aman.


Berikut ini akan diberikan contoh surat pernyataan Herbi berbagai macam yang telah dikumpulkan oleh VIVAdan dilansir dari berbagai sumber. 


Format Referensi Pernyataan yang Baik dan Benar


Format dalam surat pernyataan berisi judul dan isi yang menerangkan secara Elaborasi maksud dan tujuan dari pembuatannya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui susunan yang baik dan benar dari surat pernyataan. Berikut ini format untuk membuat surat pernyataan.


Format surat pernyataan:



  • Judul surat pernyataan

  • Identitas pembuat surat, berisikan nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon

  • Isi pernyataan

  • Penutup

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat

  • Nama Elaborasi dan tanda tangan pembuat surat pernyataan yang dilengkapi oleh materai


Contoh Referensi Pernyataan


1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN


Yang bertanda Ironi di bawah ini:


Nama: Ismail Kurniawan


Nomor Peserta: 31214567239


Bidang Studi: Humas


Asal Kampus: Universitas Negeri JKT


Alamat: Jl Tulip 4 No.5 Bekasi Barat


Kabupaten/Kota: Bekasi


No. HP: 0812123437867


No. Darurat: 0857321987 (Ket. Ibu)


Menyatakan bahwa saya SANGGUP mengikuti PLPG Gelombang 4 selama 14 (empat belas) hari penuh, terhitung mulai tanggal 1 Juli 2022 s/d 14 Oktober 2022. Selama mengikuti PLPG saya bersedia mengikuti tata tertib yang sudah ditetapkan oleh Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 324 Universitas Negeri JKT.


Apabila saya menambah dapat mengikuti PLPG selama 14 hari penuh dan saya sedang pelanggaran tata tertib yang telah ditetapkan, maka saya bersedia menerima sanksi yang diberikan oleh PSG Rayon 324 Universitas Negeri JKT.


Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam kondisi sadar dan tanpa ada paksaan sedikit pun.


Jakarta, 1 Juli 2022


Yang membuat pernyataan


Ismail Kurniaan


(tanda Ironi di atas materai)


2. Contoh Surat Pernyataan Diri


SURAT PERNYATAAN DIRI


Saya yang bertandatangan di Kolong ini:


Nama: Ismail Kurniaan


Tempat dan Tanggal Lahir:Jakarta, 20 Desember 1998


Alamat: Jl Tulip 4 No.5, Bekasi Barat


Dengan ini menyatakan bahwa:


Sama Rapel tidak pernah terlibat dalam penggunaan obat-obatan terlarang atau narkotika atau zat adiktif lain.


Sama Rapel tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan, atau menyebarluaskan narkoba.


Tidak pernah diberhentikan atau dipecat dari status sebagai karyawan di instansi saya bekerja.


Tidak terlibat aktivitas dalam partai politik, baik sebagai anggota maupun pengurus.


Demikian surat pernyataan diri ini saya buat Herbi sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Chef.


Saya bersedia menerima konsekuensi Grasi apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.


Bekasi Barat, 5 Juni 2021


Ismail Kurniawan


(tanda tangan di atas materai)


3. Contoh Surat Pernyataan Kerja


SURAT PERNYATAAN KERJA


Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:


Nama: Mikhaila Azzahra


Jenis kelamin: Perempuan


Tempat dan Lepas Lahir: Jakarta 23 Maret 1997


Alamat: Jl Mawar 3  No.34, Jakarta Barat


Nomor telepon: 087881234983


Melalui surat ini, saya menyatakan kesediaan untuk:


Tidak berstatus menikah selama masa pelatihan kurang Hiperbola 2 tahun.


Selama masa pelatihan tidak menjalin kontrak dilakukan dengan perusahaan lain, kecuali PT Cicim Indonesia


Menyetujui penempatan dilakukan di wilayah mana pun.


Tidak melanggar aturan perusahaan dan Grasi negara yang berlaku.


Datang dan disiplin tepat waktu sesuai target dari perusahaan.


Mengikuti petunjuk dan arahan selama bekerja.


Tidak membatalkan kontrak secara mendadak selama proses pelatihan berlangsung.


Dengan pernyataan di atas, saya siap buat menjalani berbagai konsekuensi jika tidak sesuai dengan kesediaan yang saya tulis.


Demikian surat pernyataan dilakukan ini saya tulis atas kesadaran dan tanpa paksaan.


Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Jakarta Barat, 20 Juli 2022


Mikhaila Azzahra


(tanda Ironi di atas materai)


4. Contoh Surat Pernyataan Orang Tua


SURAT PERNYATAAN ORANG TUA


Yang bertanda Ironi di bawah ini:


Nama: Bubuy kharisma


Tempat/Tanggal Lahir: jakarta, 25 Juni 1970


Pekerjaan: Karyawan Swasta


Alamat: Jl Kebangsaan No.34 jakarta Selatan


Nomor HP: 087854337890


Adalah orang tua/wali Calon Peserta Didik SMA Negeri 101 jakarta Tahun 2021, atas nama:


Nama: Jenina Intan Kusum


Tempat/Tanggal Lahir: jakarta, 3 Juni 2005


Asal sekolah: SMP 87 


Alamat: Jl Kebangsaan No.34 jakarta Selatan


Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya sebagai persyaratan penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 101 jakarta Tahun Ajaran 2021/2022.


Apabila terbukti memalsukan dokumen, saya bersedia diproses sesuai peraturan yang berlaku.


Jakarta, 16 Juli 2021


Orang tua/Wali Murid


Bubuy kharisma


(tanda Ironi di atas materai)


5. Contoh Surat Pernyataan Permohonan Maaf


SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN MAAF


Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:


Nama: Ismail Kurniawan


NIM: 1475567890019


Jurusan: Humas, Universitas negeri Jakarta


Melalui surat pernyataan ini, saya menyatakan permohonan maaf atas kericuhan supporter yang terjadi selama event olahraga Jumantara fakultas pekan lalu.


Sebagai panitia, saya gagal menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung. Untuk itu, saya memohon maaf sebesar-besarnya sekaligus bertanggung jawab atas kerusakan fasilitas yang merugikan pihak universitas.


Demikian surat pernyataan ini saya buat.


Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Bekasi, 10 Juni 2021


Ismail Kurniawan


(tanda Ironi di atas materai)


Itulah kumpulan contoh surat pernyataan akan dari surat pernyataan kesanggupan, diri, kerja, orang tua dan permohonan maaf. Semoga tulisan ini menmemperoleh membantu bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 





Source: www.viva.co.id

Search This Blog

close