2 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Tempat Kerja - Bisnis Tempo.co




2 Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri dari Perusahaan Tempat Kerja






TEMPO.CO
, Jakarta - Surat pengunduran diri adalah elemen penting saat ingin mengajukan keinginan resign atau keluar dikerjakan. Terlepas dari berbagai alasan yang membuat seseorang memutuskan berhenti bekerja, surat pengunduran diri harus diberikan kepada perusahaan.


Saat membuat surat pengunduran diri, pastikan surat itu telah sesuai standar struktur umum yang berlaku, yang meliputi: header yang berisi keterangan waktu, diri, dan orang yang dituju. Kemudian salam, paragraf yang berisi pernyataan dan alasan mengundurkan diri, ucapan terimakasih, dan bubuhan tanda tangan.


Hindari mengajukan surat resign ketika belum percaya, menjelek-jelekkan siapa pun dalam surat pengunduran diri, tidak mengungkapkan rasa terima kasih, dan menyombongkan pekerjaan di tempat baru. Yang penting juga adalah mengecek dan membaca Perulangan surat resign atau surat pengunduran diri tersebut.


Berikut dua contoh format surat pengunduran diri dari tempat kerja:



1. Contoh Pertama


Pekanbaru, 13 Agustus 2022
Kepada Yth. Pimpinan PT ...............
di Pekanbaru


Yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:
Nama: …….........
Alamat: …………
Jabatan: ………...
Nomor ID: ……..


Melalui surat pernyataan ini, saya berniat bagi mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan ...... di perusahaan .... Terhitung mulai tanggal ....... (tanggal/bulan/tahun).


Sebelumnya, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena telah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu.


Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan dikerjakan saya di sini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.


Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak mengurangi lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu.


Saya pun memohon maaf bagi segala kesalahan saya yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu. Semoga, perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang.


Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat Berhubungan dengan kesadaran dan tanpa tekanan dari pihak manapun.


Hormat saya,


tanda tangan


(Nama Lengkap)



2. Contoh Kedua


Pekanbaru, 13 Agustus 2022
Yth.


HRD PT .......


Di Jl. ......, Pekanbaru


Dengan Hormat,


Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja sama Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:


Nama :
NIK :
Departemen :
Jabatan :


Bermaksud bagi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT ........ sebagai (tulis jabatan). Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 13 Agustus 2022. Adapun alasan saya bagi pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.


Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman dikerjakan yang selama ini di PT ....... Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT ..... yang disengaja atau tidak.


Demikian surat ini saya buat dan serahkan Herbi sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf.


Hormat saya,


 
(Nama Lengkap).


Kedua contoh surat pengunduran diri dari tempat tersebut bisa menjadi acuan bagi pegawai yang ingin resign, antara lain, untuk berpindah kerja ke perusahaan lain.



Baca: begini-aturan-ihwal-pengunduran-diri-pnsBegini Anggaran Ihwal Pengunduran Diri PNS





Source: bisnis.tempo.co

Search This Blog

close