5 Contoh Surat Pengunduran Diri, yang Baik dan Beretika








IDXChannel -
Contoh surat pengunduran diri yang baik dan resmi wajib Anda ketahui jika ingin membuat dokumen resign dari tempat Anda bekerja. Harapannya dengan membuat surat resign yang baik akan mendapatkan kesan yang baik dari tempat Anda bekerja.


Dalam dunia pekerjaan Belum pasti ada seseorang yang merasa jenuh atau tidak cocok Berhubungan dengan tempatnya bekerja karena melihat satu dengan lain hal. Ada pula orang yang keluar dari sesuatu pekerjaan di perusahaan untuk menunjang karir lebih baik lagi sepertinya melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi. Saat Anda ingin keluar dari tempat Anda bekerja, dibutuhkan bukti tertulis seperti surat pengunduran diri.


Membuat surat pengunduran diri ternyata tidak mengurangi semudah yang dibayangkan, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar dokumen resign yang Anda buat tersusun secara sistematis dan mudah dipahami. Untuk agar Anda tidak kebingungan, IDXChannel akan memberikan contoh surat pengunduran diri yang sesuai baik dan sopan.


Perhatikan Unsur Surat keterangan Pengunduran Diri


Sebelum paham mengenai contoh surat pengunduran diri, sebaiknya Anda harus perhatikan beberapa poin yang harus Anda pahami bagi membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.


1. Menggunakan Bahasa yang Sopan


Saat membuat surat pengunduran diri, Anda wajib menggunakan bahasa yang sopan dan penuh hormat. Karena hal tersebut untuk menunjukan respect terhadap perusahaan Anda yang akan tinggali. 


Poin pertama tersebut menjadi contoh surat pengunduran diri yang sopan Berhubungan dengan menggunakan bahasa yang beretika.



2. Berikan Tujuan yang Jelas


Ketika Anda hendak resign dari perusahaan, pastikan Anda memiliki alasan yang jelas saat melakukan permohonan keluar dari tempat Anda bekerja. 


Tidak usah bertele-tele dalam memberikan alasan Anda ingin keluar, cukup menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.






. (FOTO : MNC Media)


3. Cantumkan Identitas Diri


Pada surat pengunduran diri yang wajib dicantumkan merupakan identitas diri Anda, seperti nama lengkap, alamat, dan Habis masa jabatan. Hal tersebut penting karena untuk mengetahui informasi yang detail dan bagi data perusahaan.


4. Ucapkan Rasa Terima Kasih 


Contoh surat pengunduran diri yang benar tentunya ketika Anda menyampaikan rasa terima kasih terhadap perusahaan, karena telah diberi kesempatan untuk dapat bekerja bersama selama beberapa waktu lalu. 


Unsur ini akan membuat Anda sepertinya lebih profesional dan rendah hati, sehingga perusahaan pun menaruh rasa hormat kepada Anda.


5. Sampaikan Permohonan Maaf


Terakhir, sampaikan permohonan maaf dari kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat dan sampaikan juga permohonan maaf kepada rekan-rekan yang dulu bekerja bersama.


Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri, Terdapat Beberapa Tipe


Perlu Anda ketahui bahwa surat pengunduran diri terdapat beberapa tipe. Berikut rincian penjelasan dari masing-masing tipe:





§




1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Indonesia 



Jakarta, 1 Januari 2022



Kepada



Yth. Pimpinan



XXXXX



Jakarta



Yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:



Nama: …….



Alamat: …………



Jabatan: ………



Nomor ID: ……….



Dengan adanya surat ini, saya bertujuan bagi mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang telah berakhir.



Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu telah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja Berhubungan dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak mengurangi langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan dikerjakan yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.



Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak mengurangi lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak mengurangi sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.



Demikian surat pengunduran diri dikerjakan ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan Belajar sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapapun.



Hormat saya,



(…………………)


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris



February 10st, 2022 



Robin Lo CEO J&T Express



Jalan Kepu Timur , Kemayoran, Jakarta



Dear Sir, 



It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I will no longer be working at J&T Express. as a Content Writer. I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as a Content Writer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign. I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at J&T Express. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years. Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing. 



Sincerely,   



(Nama Lengkap)


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja di PT atau Pabrik



Serang, 1 Maret 2022 



Yth. 



HRD PT. Nikomas Gemilang  



Di Jl. Raya Serangan, Banten



Dengan Hormat, 



Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja sama Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini: 



Nama : 



NIK : 



Departemen : 



Jabatan : 



Bermaksud bagi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Karya Abadi sebagai (tulis jabatan). Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 1 Maret 2022. Adapun alasan saya bagi pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga. 



Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman dikerjakan yang selama ini di PT Nikomas Gemilang. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT Nikomas Gemilang yang disengaja atau tidak. 



Demikian surat ini saya buat dan serahkan Berhubungan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf. 



Hormat saya,



(nama jelas)


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pindah Domisili



Serang, 1 Juli 2022



Yth. 



HRD PT. Indah Kiat Pulp & Paper 



Jakarta 



Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini: 



Nama : 



Alamat : 



Jabatan : 



Melalui surat ini ini saya menyatakan bagi melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku (……..) di PT. Indah Kiat Pulp & Paper terhitung mulai tanggal 1 Juli September 2022. Surat keterangan pengunduran diri ini saya buat karena adanya urusan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat domisili saya yang baru. 



Saya ucapkan terima kasih kepada ada pihak perusahaan Indah Kiat Pulp & Paper yang telah mengizinkan saya bagi dapat belajar dan berkontribusi dalam berjalannya perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan jaya selama berjalannya waktu. Ilmu yang saya peroleh di perusahaan ini akan sangat berguna bagi pengalaman saya di dunia marketing. 



Saya ucapkan pula permohonan maaf kepada rekan dikerjakan dan juga jajaran pimpinan PT. Indah Kiat Pulp & Paper bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan. Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga menmemperoleh diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. 



Hormat saya,



(Nama Lengkap)



5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan Hotel



Bandung, 30 Juni 2022 



Kepada Yth. 



Kepala Bagian HRD 



Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung 



Jl. Cihampelas, Bandung



Dengan Hormat, 



Yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini: 



Nama : 



Tempat, Tanggal Lahir: 



Alamat: 



Jabatan: 



Melalui surat ini, saya hendak menyampaikan bagi mengajukan permohonan pengunduran diri pada tanggal 30 Juni 2022 Berhubungan dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan S2. Keseluruhan tugas yang selama ini telah menjadi Iuran pertanggungan jawab saya sebagai (jabatan) hotel akan tetap saya laksanakan Berhubungan dengan professional hingga tanggal pengunduran diri saya. Kepada segenap pimpinan hotel, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudah bersedia menerima saya Berhubungan dengan segenap kemampuan yang saya miliki. Dan kepada segenap karyawan hotel saya juga mengucapkan banyak terima kasih. Pihak-pihak yang selama ini membantu dan membimbing saya. Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya karena telah tidak bisa menjadi bagian dari hotel ini kembali. Demikian surat pengunduran diri saya yang dibuat Berhubungan dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. 



Hormat saya,   



(Nama Lengkap)


Itu tadi keterangan mengenai macam contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Semoga ulasan tadi dapat menambah referensi dan wawasan Anda.






Source: www.idxchannel.com

Search This Blog

close