4 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Benar - Lifestyle Katadata.co.id




4 Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Benar





Surat keterangan pengunduran diri merupakan surat yang dibuat pelamar kerja atau orang yang bekerja sebagai keterangan tertulis bagi menyatakan pengunduran diri dari jabatan atau proses seleksi karyawan.


Sesuai Berhubungan dengan Pasal 154A Undang-Undang Nomor Nomor 11 Tahun 2020 mengenai Cipta Kerja, pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan Belajar sendiri dan harus memenuhi syarat:




  • Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.

  • Tidak terikat dalam Perserikatan dinas.

  • Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.


Surat pengunduran diri menmemperoleh disampaikan kepada team leader, HRD, atau pimpinan kantor, sesuai Berhubungan dengan kebijakan perusahaan. Surat tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan resmi Pembayaran sekaligus upaya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan perusahaan yang akan ditinggalkan.


Struktur Surat keterangan Pengunduran Diri


Mengutip buku Berani Resign!, berikut struktur surat pengunduran diri yang kebiasaan digunakan di perusahaan.


1. Pembuka


Bagian header berisi tanggal pembuatan surat, nama, dan alamat atasan yang dituju, serta informasi pribadi Anda.


2. Isi


Isi mengandung salam, informasi mengenai rencana pengunduran diri, tanggal mengundurkan diri, serta alasan mengundurkan diri. Jika Anda membutuhkan surat referensi dari kantor, sampaikan pada bagian ini. Selain itu, Anda dapat mengucapkan terima kasih serta hal-hal baik yang dialami selama bekerja di perusahaan.


3. Penutup


Bagian ini berisi salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.


Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri


Berikut contoh surat pengunduran diri dari Buku Pintar Pekerja Terkena PHK.


Tempat, tanggal bulan tahun



Yth. Bapak/Ibu ……


Manajer ……


PT ………



Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini.


Nama: ……


NIK: ……


Divisi/Bidang: ……


Perusahaan: ……


Bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai staf …… dari PT …… per tanggal … disebabkan oleh ……. Saya berharap PT …… menmemperoleh memahami dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Banyak Pembayaran sekaligus hal yang saya pelajari selama …… tahun saya bekerja di PT ……. Saya bangga telah menjadi bagian dari perusahaan ini. Oleh sebab itu, saya memohon maaf kepada segala karyawan dan manajemen PT …… jika terdapat kesalahan atau kekeliruan selama saya bekerja.


Saya berharap PT …… terus berkembang dan terus menjadi yang terbaik. Mohon kiranya manajemen menerima pengunduran diri saya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas dukungan dan bantuan selama saya bekerja.


Hormat Saya,


………………


Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri Kerja


Perihal: Permohonan Pengunduran Diri


Jakarta, …………


Kepada Yth.


HR Manager


PT ………


Jl. ………


Dengan hormat,


Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:


Nama: ………


Divisi: ………


Jabatan: ………


Nomor Induk Karyawan: ………


Dengan ini saya mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT ……… terhitung sejak tanggal ………. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan dikerjakan yang telah diberikan oleh PT ……… kepada saya.


Saya memohon maaf kepada segala jajaran manajemen apabila selama bekerja terdapat hal-hal tidak berkenan yang telah saya melakukan. Saya berharap semoga PT ……… menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses di masa yang akan datang.


Hormat saya,


……………


Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri CPNS


Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS berhak mengundurkan diri selama proses seleksi. Berikut contoh surat pengunduran diri CPNS bersumber dari Badan Kepegawaian Kepala Negara (BKN).


…………………, ………………………


Hal: Permohonan Pengunduran Diri


Kepada Yth.


Kepala Badan Kepegawaian Negara


di


Jakarta


Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:


Nama :


Nomor Peserta Ujian :


Jenis Kelamin :


Tempat/Tanggal Lahir :


Agama :


Pendidikan/Jurusan :


Alamat :


Nomor HP :


Email :


dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Kepala Negara Tahun Anggaran 2021 untuk kebutuhan jabatan ………………………………………………………………………………………………………… Adapun alasan saya adalah ………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,


(Meterai Rp10.000)


………………………


Contoh Surat keterangan Pengunduran Diri Bahasa Inggris


Berikut contoh surat pengunduran diri atau resignation letter bersumber dari buku Panduan Lengkap Membuat Surat-surat Bisnis.


Place, date


Name


Title


Organization


Address


City, Province, Zip Code


Dear Mr/Mrs/Ms. ………,


Dear Mr./Ms. Last Name:


I would like to keterangan you that I am resigning from my position as Account Executive for the


Smith Agency, effective August 1.


Thank you for the opportunities for professional and personal development that you have provided me during the last three years. I have enjoyed working for [name of organization] and appreciate the support provided me during my tenure with the company. If I can be of any help during this transition, please let me know.


Sincerely,


……………





Source: katadata.co.id

Search This Blog

close