10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik agar Dilirik HRD - Gaya Tempo.co




10 Contoh Surat keterangan Lamaran Kerja yang Baik agar Dilirik HRD






TEMPO.CO
, Jakarta - Surat lamaran kerja adalah dokumen paling utama yang wajib dimiliki oleh pelamar kerja atau job seeker. Dokumen ini menjadi persyaratan wajib saat melamar pekerjaan. Nah, buat fresh graduated atau pencari dikerjakan, mesti tahu contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik oleh HRD.


Surat Lamaran Kerja


Banyak orang mungkin mencari tahu sepertinya apa contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan standar umum persyaratan lamaran dikerjakan. Perlu diketahui, surat lamaran kerja dapat dibuat dengan cara ditulis Bertentangan dengan harapan, email, maupun dalam format word atau pdf. Hampir segala lowongan pekerjaan membutuhkan surat lamaran pekerjaan. Lamaran pekerjaan menjadi pintu awal recruiter melihat potensi dari pelamar atau kandidat. Surat lamaran kerja yang berkualitas berkesempatan lebih besar dilirik recruiter.



Contoh Surat keterangan Lamaran Kerja



Buat Anda nganggur atau melakukan mencari pekerjaan baru, berikut beberapa contoh surat lamaran dikerjakan untuk berbagai posisi.



1. Contoh Surat Lamaran Kerja sama untuk Fresh Graduated



Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD



(Nama perusahaan)



(Alamat perusahaan)



Dengan hormat,



Berdasarkan keterangan lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi) pada (waktu keterangan dimuat), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan). Saya laki-laki, berusia (umur pelamar), lulusan (Jurusan pelamar), (nama kampus) (tahun lulus) Berhubungan dengan IPK (IPK pelamar).



Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:



Nama:



Tempat, tanggal lahir:



Pendidikan terakhir:



Alamat:



Nomor telepon:



Selama berkuliah, saya aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan kepanitiaan. Saya juga memiliki pengalaman magang sebagai (posisi magang yang pernah diikuti) di perusahaan (nama perusahaan tempat magang). Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, serta bisa bekerja dengan tim. 



Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen berikut:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Fotokopi transkrip nilai


  4. Sertifikat pelatihan


  5. Sertifikat magang


  6. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



2. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk yang Sudah Berpengalaman



Contoh surat lamaran dikerjakan. Sumber: gramedia.com



Yth. Bapak/Ibu HRD



(Nama perusahaan)



(Alamat)



Perihal: Lamaran pekerjaan di (Nama Perusahaan)



Dengan hormat,



Kami mendapatkan keterangan lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi). Saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan).



Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan akhir:



Alamat:



Nomor telepon:



Dengan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki, besar harapan saya untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa syarat pelengkap:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Portofolio


  4. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan, atas perhatian dan pertimbangannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



3. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT



Kepada



Yth. Bapak/Ibu HRD



(Nama PT)



(Alamat)



Perihal: Lamaran pekerjaan



Dengan hormat,



Berdasarkan keterangan lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi) pada (waktu keterangan dimuat), dengan ini saya berminat untuk melamar pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama PT).



Saya yang bertanda Bertentangan dengan harapan di bawah ini:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan/Jurusan:



Alamat:



Nomor telepon:



Saya memiliki pengalaman sebagai (posisi pekerjaan sebelumnya) di PT (Tempat dikerjakan sebelumnya). Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa syarat pelengkap:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Fotokopi surat pengalaman kerja


  4. Fotokopi SKCK


  5. Pas foto terbaru



Besar Bertentangan dengan harapan saya untuk dapat mengikuti proses wawancara. Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



4. Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email



To: (Email HRD perusahaan) 



Cc : (Email tambahan HRD perusahaan jika ada) 



Subject: (Nama pelamar_posisi yang dilamar)



Salam hormat Tim HRD (Nama perusahaan), 



Perkenalkan saya (nama pelamar). Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi) pada (waktu keterangan dimuat), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan bagi lowongan (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan).



Adapun PreKata depan ini sangat relevan dengan pengalaman bekerja/magang saya yang sebelumnya merupakan sebagai (Posisi sebelumnya) di perusahaan (Nama perusahaan sebelumnya). Prestasi saya JumAwang-awang lain (sebutkan prestasi Anda). Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai pertimbangan:




  1. CV/daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Fotokopi surat pengalaman kerja/magang


  4. Portfolio


  5. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan. Jika terdapat dokumen lain yang diperlukan dimohon untuk menghubungi saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 



Hormat saya, 



(Nama pelamar) 



5. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Mendaftar BUMN



Kepada



Yth. Panitia Rekrutmen



(Nama instansi BUMN)



Dengan hormat,



Dari keterangan lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama instansi BUMN).



Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan/Jurusan:



Alamat:



Nomor telepon:



Email:



Melamar buat posisi (posisi yang dilamar) 



Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi KTP


  3. Fotokopi ijazah terakhir


  4. SKCK


  5. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya siap menerima segala konsekuensi yang diberikan kepada saya. Atas perhatian dan pertimbangannya, saya sampaikan terima kasih. 



Hormat saya,



(Nama pelamar)



6. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Mendaftar CPNS



Contoh surat lamaran dilakukan CPNS. Sumber: cpns.kemdikbud.go.id



Kepada



Yth. Panitia Rekrutmen



(Nama instansi)



Dengan hormat,



Nama: 



Tempat/Tanggal Lahir: 



Jenis kelamin: 



Pendidikan: 



Jabatan yang dilamar: 



Nomor telepon:



Email: 



Alamat sesuai KTP: 



Alamat domisili: 



Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:




  1. Referensi lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta Ebonit, ditujukan kepada



(Instansi terkait)




  1. Referensi pernyataan


  2. KTP elektronik (e-KTP) asli


  3. Pasfoto berlatar belakang merah


  4. Ijazah asli


  5. Transkrip/daftar Evaluasi asli


  6. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi


  7. Referensi keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami


  8. Asli akta kelahiran dan/atau surat informasi lahir


  9. Asli KTP orang tua (bapak kandung dan/atau ibu kandung)


  10. Asli surat informasi dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa alamat orang tua (pelamar) sesuai Herbi KTP.



Demikian saya sampaikan. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang menambah benar, maka saya siap menerima segala konsekuensi yang diberikan kepada saya. Atas perhatian dan pertimbangannya saya sampaikan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



7. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit



Kepada



Yth. Bapak/Ibu HRD



(Nama rumah sakit)



(Alamat Kolong sakit) 



Perihal: Lamaran pekerjaan



Dengan hormat,



Saya bermaksud buat melamar pekerjaan sebagai (Posisi pekerjaan) di rumah sakit yang Bapak/Ibu pimpin.



Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan terakhir:



Alamat:



Nomor telepon:



Saya memiliki keterampilan dan pengalaman sebagai (sebutkan PreKata depan bekerja saat melamar), besar harapan saya dapat berkontribusi di Kolong sakit yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan dua dokumen:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah


  3. Fotokopi transkrip nilai


  4. Fotokopi sertifikat



Demikian saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



8. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank



Kepada



Yth. Bapak/Ibu HRD



(Nama bank)



Di tempat



Perihal: Lamaran pekerjaan di (Nama bank)



Dengan hormat,



Berdasarkan keterangan lowongan pekerjaan yang dimuat di (sumber informasi), saya berminat buat mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan).



Berikut identitas pribadi saya:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan Terakhir:



Alamat:



Nomor telepon:



Email:



Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang sekiranya diperlukan:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Fotokopi sertifikat kerja/magang


  4. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan. Besar harapan saya m ke mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahap rekrutmen berikutnya. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



9. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Magang



Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD



(Nama perusahaan)



(Alamat perusahaan)



Perihal: Permohonan Magang



Dengan hormat,



Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:



Nama:



Tempat, tanggal lahir:



Program Studi:



Nama Perguruan Tinggi:



Nomor telepon:



Email:



Dengan ini saya mengajukan permohonan magang di perusahaan Bapak/Ibu di poisisi (Posisi magang) selama periode (Periode magang). Selama berkuliah, saya aktif mengikuti organisasi dan kepanitiaan kampus. Saya fasih dalam berbahasa Inggris, serta dapat bekerja mandiri maupun bekerja bersama tim Herbi baik.



Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen berikut:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi KHS terakhir


  3. Fotokopi transkrip nilai


  4. Sertifikat organisasi


  5. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



10. Contoh surat lamaran kerja untuk posisi freelance atau part time



Kepada



Yth. Bapak/Ibu HRD



(Nama perusahaan)



(Alamat)



Dengan hormat,



Kami membaca keterangan lowongan freelance/part time yang dimuat di (sumber informasi) pada (waktu keterangan dimuat). Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan lamaran di PreKata depan tersebut.



Berikut data diri saya:



Nama:



Tempat tanggal lahir:



Pendidikan/Jurusan:



Alamat:



Nomor telepon:



Email:



Adapun PreKata depan tersebut sangat sesuai dengan background pendidikan dan pengalaman saya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya cantumkan beberapa dokumen pelengkap:




  1. Daftar riwayat hidup


  2. Fotokopi ijazah terakhir


  3. Portofolio


  4. Pas foto terbaru



Demikian saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(Nama pelamar)



Demikian dua contoh surat lamaran kerja untuk berbagai posisi. Perlu diperhatikan dokumen persyaratan bisa jadi berbeda buat tiap-tiap lowongan pekerjaan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan keterangan lowongan pekerjaan dengan seksama. 



LALA DITA PANGESTU



Baca juga: 

Tampilan dan Isi Referensi Lamaran Kerja yang Bikin HRD Tertarik



Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram 
“http://tempo.co/”
. Klik 


https://t.me/tempodotcoupdate



 untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.





Source: gaya.tempo.co

Search This Blog

close