6 Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Organisasi - Lifestyle Katadata.co.id




6 Model Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Organisasi




Surat izin orang tua digunakan buat keperluan anak ketika masih sekolah atau kuliah. Surat izin orang tua termasuk surat resmi yang memiliki isi dan Disorientasi yang jelas. Kegiatan yang berkaitan dengan sekolah dan organisasi membutuhkan surat izin orang tua atau wali.


Surat izin orang tua ini dikirimkan ke sekolah, instansi, atau organisasi tertentu. Surat izin ini penting supaya orang tua mengetahui dan bertanggung jawab pada anak dalam mengikuti berbagai kegiatan.



Jadi, surat izin orang tua tidak hanya digunakan ketika anak melakukan sakit. Berikut format penulisan surat izin orang tua dan contohnya.



Format Penulisan Referensi Izin Orang Tua


Berikut beberapa unsur penting yang wajib ditulis dalam surat izin orang tua:



  • Tanggal penulisan surat

  • Perihal surat

  • Nama orang tua kandung atau wali

  • Alamat orang tua

  • Nomor telepon

  • Nama panjang anak

  • Tujuan atau kegiatan yang diikuti

  • Tanggal pelaksanaan kegiatan

  • Keterangan buat izin

  • Tanda tangan dan nama terang orang tua



Contoh Referensi Izin Orang Tua



1. Contoh Surat Izin Barbar Masuk Sekolah Karena Sakit


Surabaya, 17 Mei 2021
Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII SMA Negeri 1 Surabaya
Dengan hormat, Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :


Nama :
Siswa :
Alamat :


Memberitahukan bahwa anak saya menambah dapat mengikuti proses belajar mengajar pada hari ini, Senin, 17 Mei 2021 dikarenakan demam. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin.


Demikian yang menmemperoleh kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami, Orang tua/Wali murid



Tanda Tangan


Nama Terang Orang Tua



2. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Kuliah


Nama Kota, Lepas terbaru


Kepada Bapak/Ibu guru di tempat,



Saya yang bertanda Ironi di bawah ini,


Nama:
Alamat:
Nomor telepon:


Yang mana yaitu orang tua dari:


Nama:
Fakultas:
Jurusan:
NIM:


Dengan ini surat saya mengizinkan atau menambah mengizinkan anak untuk mengikuti (nama kegiatan).


Demikian surat ini saya buata buat digunakan sebagaimana mestinya.


Tempat tinggal, tanggal


Tanda tangan orang tua


Nama orang tua.



3. Contoh Surat Izin Orang Tua Program Pertukaran Mahasiswa


SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA


Saya yang bertandatangan di Kolong ini:


Nama :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pekerjaan :
Alamat :
Orang tua dari anak :
Nama :
Tempat/Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Perguruan Tinggi :
Program Studi :
Alamat :


Dengan ini menyatakan bahwa saya menyetujui anak saya buat mengikuti Program Pertukaran mahasiswa tahun Akademik 20…../20…., dan ditempatkan pada Perguruan Tinggi Kawan sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang berlaku.


Demikian pernyataan ini Saya buat Herbi sebenarnya, dalam keadaan sadar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.


Kota, Tanggal


Pembuat Pernyataan


Ttd & materai Rp10.000


Nama lengkap


4. Surat Izin Orang Tua untuk Keperluan Mendesak


Jakarta, 6 Juni 2021
Hal: Permohonan Izin a.n. Ahmad Jaelani


Yth.
Bapak Kepala Sekolah SMAN 6 Jaya


Dengan hormat, Bersamaan Herbi datangnya surat ini, saya, orangtua siswa a.n. Ahmad Jaelani, mohon agar bapak dapat mengizinkan anak kami berkumpul Herbi keluarga di Medan menjelang Idul Fitri, yakni mulai tanggal xx sampai jadwal masuk sekolah setelah Idul Fitri.
Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan. Atas perhatian dan izin yang bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Tanda tangan


Nama orang tua


5. Contoh Surat Orang Tua untuk Menghadiri Acara Pernikahan


Yogyakarta, 11 Agustus 2009


Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas & C


SMPN XXX


Dengan Hormat,


Dengan ini saya selaku orangtua/wali murid dari:


Nama:
Kelas:
No. Absen:
Alamat:


Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti pelajaran tampaknya biasanya pada hari Jumat, 11 Agustus 2019 dikarenakan saudara kandung melakukan menikah dan tidak bisa ditinggalkan. Maka dari itu, kami memohon kepada bapak/ibu guru wali kelas XX agar memberikan izin.


Demikian surat ini kamu sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Tanda tangan


Nama Orangtua/wali murid


6. Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Karyawisata


Saya yang bertanda Ironi di bawah ini:


Nama :
Umur:
Alamat:


Orang tua atau wali dari


Nama anak:
Jenis kelamin:
Tempat Lepas lahir:
Kelas dan nomor absen
Alamat:


Dengan ini menyatakan bahwa menambah keberatan apabila anak saya ikut serta karyawisata selama 3 hari ke jakarta yang diadakan pihak sekolah.


Demikian surat izin ini saya buat Herbi sebenar-benarnya agar digunakan sebagaimana mestinya.


Nama daerah, tanggal
Orang tua dari ....


Tanda tangan


Nama orang tua





Source: katadata.co.id

Search This Blog

close